Jumat, 02 Januari 2009

Nikmati Gurihnya Opak dan Kolontong

Opak dan Kolontong adalah merupakan salah satu makanan tradisional yang menjadi cirri khas suatu daerah, karena memang makanan jenis ini sulit ditemukan di daerah lainnya. Makanan yang mempunyai rasa yang enak dan gurih ini ternyata di Kampung Sukamanah, Desa Bojongkunci Kec. Pamengpeuk kab. Bandung menjadi suatu potensi dearah yang menopang roda perekonomian daerah tersebut. Pembuatan makan opak dan kolontong sudah merupakan lahan usaha dan potensi yang menghidupkan roda perekonomian masyarakat desa Bojongkunci.

Bahan baku pembuatan opak dan kolontong ini hampir sama dengan bahan baku pembuatan rengginang yaitu beras ketan. Pembuatan opak dan kolontong ini tergolong unik. Cara pengelolaan dan pembuatan yang di lakukan oleh masyarakat pengrajin makan opak dan kolontong ini masih bersipat tradisonal, dari system pengelolaan yang masih kekeluargaan sampai alat yang digunakan untuk pembuatannya pun masih tergolong manual dan tradisional.

Opak dan kolontong ini tergolong makanan rendah kolesterol karena pada proses penggorengannya tidak menggunakan minyak teteapi menggunakan proses yang disebut "sangrai" yaitu menggoreng dengan menggunakan media pasir. Jangan takut kotor karena pasir yang digunakan dicuci dan dijemur terlebih dahulu. Proses pembuatan yang manual dan tradisional ini tidak mengurangi rasa opak dan kolontong yang enak dan gurih.

Jika anda berminat untuk mencoba makanan yang satu ini anda bisa memesan melalui kami, untuk jelasnya bisa melihat profile kami untuk pemesanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar